(gambar dari http://scuticzone.blogspot.com/2011/12/how-to-work-machine-vespa.html)
Sederhana, mudah dan handal. Itulah mesin Vespa menurut saya. Setelah berulang kali dikerjai (=ditipu), dibodoh-bodohi dan menjadi penyumbang penghasilan mekanik di bengkel Vespa, saya memutuskan untuk belajar sendiri bagaimana merawat Vespa PXE2 milik saya, kendaraan pertama yang saya beli secara kredit di tahun 1987.Saya terpaksa mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perbaikan mesin karena tekhnisi di bengkel vespa keliru menggunakan packing oli, yaitu tekhnisi itu memakai packing untuk mesin vespa super sehingga oli samping tidak dapat tercampur dengan bensin di karburator. Stang sekher, sekher, piston, blok silinder hancur karena kecerobohan tekhnisi tersebut. Lain kesempatan teknisi di bengkel lain menyarankan saya untuk turun mesin karena "oil seal" vespa saya rusak (katanya). Saya ragu-ragu untuk menyetujuinya. Namun ketika dia menyatakan harga parts itu hanya 100ribu rupiah, saya segera menyetujuinya.
Di depan mata saya mesin vespa kesayangan itu dibelah untuk dilakukan penggantian oil seal. Saat itu kemudian si teknisi mengatakan beberapa komponen mesin yang saya tidak fahami nama dan fungsinya sudah buruk dan harus diganti. Sehingga kemudian teknisi itu menyatakan biaya yang harus dikeluarkan adalah 15 kali dari estimasi awal.
Sungguh pucat saya dibuatnya. Uang darimana untuk membayarnya ? Saya benar-benar marah karena merasa dikerjai. Namun sangat tidak mungkin untuk membatalkannya karena mesin vespa itu sudah terburai tanpa saya tau bagaiman mesti menyatukannya. Meminta teknisi itu menyatukan kembali untuk tidak melanjutkan pekerjaannya pasti akan berakibat lebih buruk lagi.
Akhirnya dengan marah saya terpaksa menyetujui penggantian-penggantian berbagai parts yang dinyatakan rusak oleh teknisi itu.
Mulai sejak itu saya bersumpah bahwa saya harus bisa memperbaiki vespa itu sendiri.....
(berlanjut)
Sebutin daerah mana bro bengkelnya, saya di balikpapan. Mudah2an disini aman aman aja
BalasHapusDi bandung ada yang kaya gitu. Yaitu di sebelah jalan gagak. Hati hati !
BalasHapusDi bandung ada yang kaya gitu. Yaitu di sebelah jalan gagak. Hati hati !
BalasHapusBanyak bro bengkel vespa Blaus alias Tipu"...hati gw pernah dikerjain Juga
BalasHapusBanyak bro bengkel vespa Blaus alias Tipu"...hati gw pernah dikerjain Juga
BalasHapusTks bro informasinya, sebaiknya di publikasikan aja biar kita2 yg masih awam tidak jadi korbannya, atau sebutkan lokasinya spt yg dibilang bung M Faiz.
BalasHapusSy juga lagi nyari bengkel vespa di bogor yang tidak abal2. Mohon info bro kalo ada yg tau.
Salam.
Untuk biaya ganti as belakang super normalnya berapa ya bro.? Ma'ap masih prematur.
BalasHapusOngkos turun mesin berapa ya normalnya, saya gak tau d kasi bon 200rb
BalasHapusIyaa broo di pekanbaruu 200 juga..
Hapusitu kayak e udh termasuk packing mas tp kalo blm ya masuknya mahal
HapusMas e bertanya kalo biaya vespa yg rusak bagian mesinnya sekitaran brp yah. Krna ini motor sdh 3 tahun gk hidup
BalasHapusnek mesin tok saya pikir 600-800 jgn nambah accesoris tambah mahal wkwkk
HapusTolong bls mas e
BalasHapusMo tanya mas emang turun mesin vespa bisa sampe 1,8jt yng di ganti satu set plat koplin,oil seal,paking, seher dll
BalasHapusItu biaya jasan nya hampir sama biaya barang nya gan termasuk mahal tuh bengkel wkwkk
HapusBisa mas, setuju saya. Saya mengerjakan sendri untuk beli partnya seperti klaher dsb itu sekitaran 1.3 . Itu saya yg mengerjakan senditi
HapusMksdnya jugakan moyor pribadi. Untuk harian, kalo bisa partnya sekalian yg berkualitas ituh sekitaran 1.3 untuk ganti kopling, klaher, stangseher, seher, couterblok,sild dsb
HapusSaya bongkar mesin,ganti gigi silang ganti tromol belakang, ada pengelasan mesin,bak kopling total Rp 1,6 JT mahal gak kawan?mohon infonya Makasih
BalasHapusTermasuk Mahal
HapusKejadiannya sama percis kaya yang gw alamin, niat hati cuma mao ganti gigi silang malah ampe keluar duit 1,3 jt bengkel daerah ciledug.
BalasHapusIntinya jangan pernah kasih persetujuan kebengkel untuk belah mesin, tanpa tau sendiri kerusakannya apa
BalasHapusBangekel si anton cicadas,bandung
BalasHapusInfo y dong kang,bengkel vespa sekiyaran pulo gadung,kelender dan sekitaran y ad y dmna y???
BalasHapusSaya msh pemula khawatir d kerjain montir y.
Info y dong kang,bengkel vespa sekiyaran pulo gadung,kelender dan sekitaran y ad y dmna y???
BalasHapusSaya msh pemula khawatir d kerjain montir y.
Info y dong kang,bengkel vespa sekiyaran pulo gadung,kelender dan sekitaran y ad y dmna y???
BalasHapusSaya msh pemula khawatir d kerjain montir y.
Ya.hati 2 x bengkel vespa banyak begitu bohong dengan simbol sejuta saudara haaa tipu tipu aya hassan
BalasHapusPermisi toh Mas,Maunanya biasa Restoration Vepsa Sekitaran Berapa Yah?
BalasHapusSoalnya Baru Pemula
Bubut isapan 150 itu mahal gak mas?
BalasHapusMurah
HapusBubut isapan 150 itu mahal gak mas?
BalasHapusSaya benerin isepan habis 450 om
BalasHapusBenerin dimana om? Saya lagi butuh buat benerin hisapan ni om
HapusBenerin dimana om? Saya lagi butuh buat benerin hisapan ni om
HapusBenerin dimana om? Saya lagi butuh buat benerin hisapan ni om
BalasHapusSaya mau nanyak kira² harga las isapan jebol sama ngolternya kena brpa ya
BalasHapusSaya kena 450k bang
HapusDi pengasinan Depok ya ada, saya kecewa awalnya minta gantiin bos arm eh tau2nya mesin di belah dan di acak2 partnya dibilang pada rusak harus ganti, awal masuk motor enak keluar malah babak belur mana biaya gak kira2 kalau konfirmasi sih enak ini udah dibongkar duluan terus dengan alasan ini lah itu lah biar enak ternyata malah parah hati hati bengkel anugerah motor
BalasHapus