TAB

Bosan Ditipu Bengkel Vespa

(gambar dari http://scuticzone.blogspot.com/2011/12/how-to-work-machine-vespa.html)
Sederhana, mudah dan handal. Itulah mesin Vespa menurut saya.  Setelah berulang kali dikerjai (=ditipu), dibodoh-bodohi dan menjadi penyumbang penghasilan  mekanik di bengkel Vespa, saya memutuskan untuk belajar sendiri bagaimana merawat Vespa PXE2 milik saya, kendaraan pertama yang saya beli secara kredit di tahun 1987.

Saya terpaksa  mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perbaikan mesin karena tekhnisi di bengkel vespa keliru menggunakan packing oli, yaitu tekhnisi itu memakai packing untuk mesin vespa super sehingga oli samping tidak dapat tercampur dengan bensin di karburator. Stang sekher, sekher, piston, blok silinder hancur karena kecerobohan tekhnisi tersebut. Lain kesempatan teknisi di bengkel lain menyarankan saya untuk turun mesin karena "oil seal" vespa saya rusak (katanya). Saya ragu-ragu untuk menyetujuinya. Namun ketika dia menyatakan harga parts itu hanya 100ribu rupiah, saya segera menyetujuinya. 
Di depan mata saya mesin vespa kesayangan itu dibelah untuk dilakukan penggantian oil seal. Saat itu kemudian si teknisi mengatakan beberapa komponen mesin yang saya tidak fahami nama dan fungsinya sudah buruk dan harus diganti. Sehingga kemudian teknisi itu menyatakan biaya yang harus dikeluarkan adalah 15 kali dari estimasi awal.

Sungguh pucat saya dibuatnya. Uang darimana untuk membayarnya ? Saya benar-benar marah karena merasa dikerjai. Namun sangat tidak mungkin untuk membatalkannya karena mesin vespa itu sudah terburai tanpa saya tau bagaiman mesti menyatukannya. Meminta teknisi itu menyatukan kembali untuk tidak melanjutkan pekerjaannya pasti akan berakibat lebih buruk lagi.
Akhirnya dengan marah saya terpaksa menyetujui penggantian-penggantian berbagai parts yang dinyatakan rusak oleh teknisi itu.

Mulai sejak itu saya bersumpah bahwa saya harus bisa memperbaiki vespa itu sendiri..... 
(berlanjut)

37 komentar:

  1. Sebutin daerah mana bro bengkelnya, saya di balikpapan. Mudah2an disini aman aman aja

    BalasHapus
  2. Di bandung ada yang kaya gitu. Yaitu di sebelah jalan gagak. Hati hati !

    BalasHapus
  3. Di bandung ada yang kaya gitu. Yaitu di sebelah jalan gagak. Hati hati !

    BalasHapus
  4. Banyak bro bengkel vespa Blaus alias Tipu"...hati gw pernah dikerjain Juga

    BalasHapus
  5. Banyak bro bengkel vespa Blaus alias Tipu"...hati gw pernah dikerjain Juga

    BalasHapus
  6. Tks bro informasinya, sebaiknya di publikasikan aja biar kita2 yg masih awam tidak jadi korbannya, atau sebutkan lokasinya spt yg dibilang bung M Faiz.
    Sy juga lagi nyari bengkel vespa di bogor yang tidak abal2. Mohon info bro kalo ada yg tau.
    Salam.

    BalasHapus
  7. Untuk biaya ganti as belakang super normalnya berapa ya bro.? Ma'ap masih prematur.

    BalasHapus
  8. Ongkos turun mesin berapa ya normalnya, saya gak tau d kasi bon 200rb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa broo di pekanbaruu 200 juga..

      Hapus
    2. itu kayak e udh termasuk packing mas tp kalo blm ya masuknya mahal

      Hapus
  9. Mas e bertanya kalo biaya vespa yg rusak bagian mesinnya sekitaran brp yah. Krna ini motor sdh 3 tahun gk hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. nek mesin tok saya pikir 600-800 jgn nambah accesoris tambah mahal wkwkk

      Hapus
  10. Mo tanya mas emang turun mesin vespa bisa sampe 1,8jt yng di ganti satu set plat koplin,oil seal,paking, seher dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu biaya jasan nya hampir sama biaya barang nya gan termasuk mahal tuh bengkel wkwkk

      Hapus
    2. Bisa mas, setuju saya. Saya mengerjakan sendri untuk beli partnya seperti klaher dsb itu sekitaran 1.3 . Itu saya yg mengerjakan senditi

      Hapus
    3. Mksdnya jugakan moyor pribadi. Untuk harian, kalo bisa partnya sekalian yg berkualitas ituh sekitaran 1.3 untuk ganti kopling, klaher, stangseher, seher, couterblok,sild dsb

      Hapus
  11. Saya bongkar mesin,ganti gigi silang ganti tromol belakang, ada pengelasan mesin,bak kopling total Rp 1,6 JT mahal gak kawan?mohon infonya Makasih

    BalasHapus
  12. Kejadiannya sama percis kaya yang gw alamin, niat hati cuma mao ganti gigi silang malah ampe keluar duit 1,3 jt bengkel daerah ciledug.

    BalasHapus
  13. Intinya jangan pernah kasih persetujuan kebengkel untuk belah mesin, tanpa tau sendiri kerusakannya apa

    BalasHapus
  14. Bangekel si anton cicadas,bandung

    BalasHapus
  15. Info y dong kang,bengkel vespa sekiyaran pulo gadung,kelender dan sekitaran y ad y dmna y???
    Saya msh pemula khawatir d kerjain montir y.

    BalasHapus
  16. Info y dong kang,bengkel vespa sekiyaran pulo gadung,kelender dan sekitaran y ad y dmna y???
    Saya msh pemula khawatir d kerjain montir y.

    BalasHapus
  17. Info y dong kang,bengkel vespa sekiyaran pulo gadung,kelender dan sekitaran y ad y dmna y???
    Saya msh pemula khawatir d kerjain montir y.

    BalasHapus
  18. Ya.hati 2 x bengkel vespa banyak begitu bohong dengan simbol sejuta saudara haaa tipu tipu aya hassan

    BalasHapus
  19. Permisi toh Mas,Maunanya biasa Restoration Vepsa Sekitaran Berapa Yah?
    Soalnya Baru Pemula

    BalasHapus
  20. Bubut isapan 150 itu mahal gak mas?

    BalasHapus
  21. Bubut isapan 150 itu mahal gak mas?

    BalasHapus
  22. Saya benerin isepan habis 450 om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benerin dimana om? Saya lagi butuh buat benerin hisapan ni om

      Hapus
    2. Benerin dimana om? Saya lagi butuh buat benerin hisapan ni om

      Hapus
  23. Benerin dimana om? Saya lagi butuh buat benerin hisapan ni om

    BalasHapus
  24. Saya mau nanyak kira² harga las isapan jebol sama ngolternya kena brpa ya

    BalasHapus
  25. Di pengasinan Depok ya ada, saya kecewa awalnya minta gantiin bos arm eh tau2nya mesin di belah dan di acak2 partnya dibilang pada rusak harus ganti, awal masuk motor enak keluar malah babak belur mana biaya gak kira2 kalau konfirmasi sih enak ini udah dibongkar duluan terus dengan alasan ini lah itu lah biar enak ternyata malah parah hati hati bengkel anugerah motor

    BalasHapus