TAB

Membeli Vespa Bekas

Seminggu lalu, akhirnya kudapatkan sebuah PX 2001 melaui perantaraan TokoBagus.com. Karena kesibukanku di kantor, aku tidak mendatangi tempat si pedagang tetapi mengundangnya membawa vespanya ke kantorku untuk bertransaksi. Namun juga karena kesibukannya, dia hanya bisa mengantarnya malam hari setelah jam kerja. Deal, jam 7.30 dia membawa vespanya kekantorku.

Aku teliti vespa yang diantarkannya itu.

  • Bentuk fisiknya, oke lah... sangat bagus (dibanding vespa PX 1987 ku yang njogrog di rumah). 
  • Mesin oke, nyatanya dia bisa mengendarai vespanya itu sampai kantorku.
    Aku coba mengendarainya keliling kantor, rem kosong tak berfungsi dengan baik. Handel rem depan keras, oke mungkin gak dirawat.
    Penjual mengakui gak sempat mengganti karena vespa itu jarang dipakai, hanya disimpan di rumah karena merupakan kendaraan simpanan hasil bayaran utang orang yang gak sanggup bayar utang. Oke masuk akal. 
  • Lampu depan hanya berfungsi lampu dekat, lampu senja dan lampu jauh mati, okelah bisa aku betulin sendiri nanti. Lampu sein mati, oke lah. Lampu belakang hidup. Oke. Lampu rem hidup. Klakson hidup, Aki soak. Oke masih bisa aku terima.
  • Speedometer gak berfungsi namun kondisi masih bagus, oke lah.
  • Surat-surat lengkap sesuai dengan nomor mesin dan rangka. Pajak mati sudah satu tahun. Oke bisa aku urus nanti.
  • Starter aku coba, oke mesin mudah hidup walaupun mungkin karena masih hangat dan biasanya seperti itu vespa yang susah hidup pun saat habis dipakai gampang distarter. Kanvas kopling tidak loss, sepertinya masih bagus. Oke lah
  • Mesin lumayan tidak berisik, ada rembesan bekas oli namun tidak terlalu banyak. Knalpot lumayan namun sepertinya pernah dibelah, oke lah.
Akhirnya malam itu kutukar  uangku Rp3.900.000,- dengan vespa penjual itu. Namun karena remnya tidak berfungsi dan tidak ada helm, kutitipkan dulu vespa itu di parkiran kantorku.

Besoknya berangkat kantor aku siapkan tang, obeng, kunci palang, tali rem, dan amplas, untuk kugunakan memperbaiki rem vespa yang kubeli. 

Malam seusai jam kantor aku menuju tempat parkir motor untuk mulai operasi. 
Buset.... vespa yang kubeli itu sulit sekali dibuka baut rodanya. Sudah berkarat, pertanda tidak pernah dibuka dalam waktu yang sangat lama sepertinya. Dari lima baut ..........

(tunda dulu mau kerja)




hal-hal lain yang kutemukan :
1. Packing oli yang digunakan salah, dipakai type yang tidak menggunakan oli samping seperti kesalahan yang kualami dulu sehingga turun mesin.
2. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar